Beranda | Artikel
Dzikir Sesudah Mengerjakan Shalat Lima Waktu
Rabu, 1 Maret 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Dzikir Sesudah Mengerjakan Shalat Lima Waktu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 30 Rajab 1444 H / 21 Februari 2023 M.

Dzikir Sesudah Mengerjakan Shalat Lima Waktu

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وعن المغيرة بن شعبة – رضي الله عنه: أنَّ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا فَرَغَ مِنَ الصَّلاَةِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ». متفقٌ عَلَيْهِ.

Dari Almughirah Radhiyallahu ‘Anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila beliau selesai mengerjakan shalat setelah mengucapkan salam, beliau mengucapkan: La ilaha illalah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadir – Allahumma la mani’a lima a’thaita wa la mu’thia lima mana’ta wa la yanfa’u dzaljaddi minkal jaddu (Ya Allah, tiada yang kuasa menolak terhadap apa saja yang Engkau berikan dan tiada yang kuasa memberi terhadap apa saja yang Engkau tolak dan tiada akan memberikan kemanfaatan kekayaan itu kepada orang yang memilikinya daripada siksaMu.” (Muttafaq ‘alaih)

Makna dan uraiannya serta pelajaran-pelajaran yang diambil dari dzikir ini sudah dijelaskan pada pertemuan yang lalu.

Hadits berikutnya juga masih berkaitan dengan dzikir sesudah mengerjakan shalat lima waktu.

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وعن عبدِ الله بن الزُّبَيْرِ رضي الله تَعَالَى عنهما أنَّه كَانَ يَقُولُ دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ، حِيْنَ يُسَلِّمُ: «لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَريكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الحَسَنُ، لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُونَ».

Dari Abdullah Ibnu Zubair Radhiyallahu ‘Anhuma, beliau dahulu setelah mengerjakan shalat lima waktu membaca kalimat-kalimat berikut ini setelah mengucapkan salam dari shalatnya: La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadir. Lahaula wa la quwwata illabillah. La ilaha illallahu wa la na’budu illa iyyah, lahun ni’matu wa lahuts tsana-ul hasan. La ilaha illallah mukhlishina lahuddina walau karihal kafirun. (Tiada sembahan yang haq kecuali Allah yang Maha Esa, yang tiada sekutu bagiNya. Hanya miliknya segala kekuasaan dan segala pujian, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Tiada sembahan yang haq kecuali Allah dan kami tidak menyembah kecuali hanya kepadaNya. Hanya miliknya semua nikmat dan semua karunia dan semua pujian dan sanjungan yang baik. Tiada sembahan yang haq kecuali Allah, kami mengikhlaskan hanya kepadaNya ibadah kami, meskipun dibenci oleh orang-orang kafir.) Abdullah bin Az-Zubair Radhiyallahu ‘Anhuma berkata: “Dan adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membaca kalimat-kalimat ini setiap selesai shalat yang wajib.” (HR. Muslim)

Dzikir yang sangat agung ini salah satu di antara yang dibaca setelah seorang mengerjakan shalat lima waktu. Semua kalimat-kalimat yang termaktub dalam dzikir ini adalah menunjukkan keesaan Allah, pujian dan sanjungan hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, kalimat-kalimat tauhid yang diucapkan oleh seorang mukmin setiap selesai mengerjakan shalat. Maka sudah seyogyanya kaum muslimin untuk menghafal dan membaca bacaan ini setelah mengerjakan shalat lima waktu.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52753-dzikir-sesudah-mengerjakan-shalat-lima-waktu/